Patrick Cruz Dos Santos

Beberapa waktu lalu kita mendapati berita bahwa salah satu pemain asing yang pernah bermain di Indonesia resmi bergabung dengan salah satu klub di Liga Malta, Ghajnseilem. Pemain asal Brasil yang berposisi sebagai striker ini memiliki kisah unik berkaitan dengan Indonesia.

Mengapa kami menyebut berkaitan dengan Indonesia? Karena pertama, pemain bernama lengkap Patrick Dos Santos Cruz, atau Patrick Cruz ini datang ke Indonesia pada saat kompetisi Indonesia sedang dibekukan. Patrick Cruz datang dari klub Corinthians yang pasti teman-teman juga sudah tau Corinthians ini klub besar asal Brazil. Patrick Cruz langsung bersatu padu dengan gaya bermain yang disuguhkan oleh Mitra Kukar. Ya, Patrick Cruz datang ke Indonesia untuk membela Mitra Kukar pada tahun 2015 sampai dengan awal tahun 2016.

Dalam wawancaranya bersama bola.com pada Desember 2015, ia mengatakan: “Begitu agen menawarkan saya bermain di Indonesia, saya cukup tertarik karena sudah banyak pemain Brasil di Indonesia. Bagi saya ini tantangan baru.” Selama di Brasil sendiri Patrick Cruz ini menimba ilmu FC Sao Paulo B dan juga sempat bergabung bersama Flamengo sebelum ia bergabung di Corinthians.

Kala itu, Patrick Cruz bergabung dengan Mitra Kukar bersama dengan Arthur Cunha da Rocha dan Rodrigo Dos Santos. Bersama Mitra Kukar, Patrick Cruz dan kawan-kawan meraih gelar juara dengan mengalahkan Semen Padang 2-1 pada final Piala Jenderal Soedirman yang diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 24 Januari 2016.

Pemain kelahiran 1 April 1993 juga berhasil meraih gelar top skor Piala Jenderal Soedirman dengan torehan sebanyak 7 (tujuh) gol. Ia menyampaikan kepada bola.com, “saya lebih merasa bahagia Mitra Kukar jadi juara. Ini keberhasilan tim. Kalau gelar top scorer hanya bonus. Dari awal, saya hanya ingin Mitra Kukar juara, tidak mementingkan gelar personal. Akhirnya, saya berhasil bawa Mitra Kukar juara”

Atas keberhasilannya tersebut, Patrick Cruz juga mendapat hadiah uang sebesar Rp 100.000.000,- (seratus juta rupiah). Setelah membela Mitra Kukar, ia sempat hijrah ke Malaysia dengan memperkuat Terengganu FC bersama dengan beberapa pemain dari Indonesia seperti Rohit Chand, Makan Konate dan juga Abdoulaye Maiga.

Setelah memperkuat Terengganu FC, Patrick Cruz sempat membuat heboh ketika ia diperkenalkan oleh Persib Bandung pada tahun 2017 namun di saat yang bersamaan ia batal bergabung dan memilih bergabung dengan Sai Gon FC klub asal Vietnam. Pada bulan Desember 2021, Patrick Cruz sempat mengunggah video di akun Instagramnya yang berisikan permintaan maaf kepada manajemen Persib Bandung atas kejadian pada tahun 2017 tersebut.

Setelah memperkuat Sai Gon FC ia sempat kembali ke Malaysia untuk memperkuat Pahang pada tahun 2018 dan di tahun 2019 ia bergabung bersama Chonburi FC. Setelah itu ia sempat hijrah ke Russia dengan memperkuat SKA Khabarovsk di tahun 2020. Setelah sempat tidak memiliki klub pada tahun 2020-2021, pada akhirnya pada bulan Agustus 2022 ia menandatangani kontrak dengan Ghajnsielem FC, klub yang berlaga di Gozo Football League, kasta tertinggi Liga Malta.

Beberapa pertandingan telah dijalani oleh Patrick Cruz, mulai dari 4 (empat) pertandingan selama pra musim hingga menjadi juara pada ajang Super Cup Champions melawan Nadur Youngsters.

Tinggalkan komentar