Mate dan Kaitannya dengan Pesepakbola Amerika Selatan

Jangan lupa ngopi…ngopi, sebuah kegiatan atau “ritual” yang sering dilakukan oleh setiap orang. Kegiatan tersebut erat kaitannya dengan ritual meminum kopi, namun bisa minuman teh, dan minuman lainnya. Kegiatan ini pun seringkali diartikan sebagai ritual kumpul-kumpul untuk melepas penat yang dilakukan oleh setiap orang bersama dengan teman-temannya. Hampir setiap kalangan melakukan kegiatan tersebut. Bagi orang Indonesia, meminum kopi sudah menjadi kebiasaan sejak zaman dahulu kala. 

Hal tersebut ditambah dengan Indonesia sebagai salah satu penghasil biji kopi terbaik di dunia. Beberapa daerah yang terkenal dengan produksi biji kopinya adalah Aceh, Lampung, Medan, Jawa, Ternate, Sulawesi, dan Flores. Banyaknya jumlah penduduk Indonesia yang mengkonsumsi kopi, hal ini tidak terkecuali bagi para atlet, termasuk atlet sepakbola. Kopi sendiri mengandung zat kafein, atau nama kimianya trimethylxanthine. Sebagaimana dikutip dalam jurnal nestle nutrition, kafein secara sederhana berfungsi sebagai stimulan ringan; membantu menjaga kita agar tetap waspada, dan membuat kita semangat ketika kita seharusnya sudah menyerah.  Masih dari jurnal yang sama, cara kerja dari kafein sendiri ialah mempengaruhi hormon, metabolisme, otot, jantung, ginjal, dan fungsi pernapasan.

Sementara itu, di Amerika Selatan terdapat minuman mate, atau yang dilafalkan ‘MAH-tay’. Dilihat dari jenis minumannya sebagaimana dikutip dari foodandnutrition.org, mate adalah sejenis minuman seduh seperti teh yang terbuat dari seduhan daun kering pohon yerba mate. Yerba mate ini dikenal memiliki kekuatan seperti kopi dan manfaatnya seperti teh. Beberapa manfaat mate sebagaimana dikutip dari duniafitnes ialah, sumber terbaik Phytochemical (seperti antioksidan), kafein, juga vitamin, mineral, dan karbohidrat. Mate, karena minuman tersebut memiliki nilai historis, maka meminumnya pun unik, orang yang meminum mate harus menghisap melalui sedotan berbahan besi yang disebut dengan bombilla. Selain itu, secara tradisional, mate diminum dengan berbagai wadah labu dan sedotan bersama teman dekat atau keluarga.

Jadi, dalam upacara minum mate, orang-orang duduk berkeliling dan seorang pelayan (cebador) menyiapkan mate, mengisi cangkang labu, dan memberikannya satu persatu, dimulai dari orang yang terdekat. Satu cangkang labu tersebut diminum secara bergantian, satu persatu sampai habis. Namun, jika salah seorang mengucapkan terima kasih, berarti cukup dan tidak ingin minum mate lagi. Dengam demikian, minum mate melambangkan kekeluargaan dan persahabatan, sama halnya dengan ngopi di Indonesia.

Tradisi meminum mate tampaknya juga dilakukan oleh beberapa pemain bola. Kita bisa lihat pemain-pemain yang berasal dari Amerika Latin, khususnya Argentina, menenteng tas yang berisi air panas, wadah labu untuk meminum, sedotan besi, juga bubuk Yerba Mate.

Di atas, sudah disebutkan beberapa manfaat dari yerba mate, nah lalu bagaimana manfaat-manfaat tersebut berpengaruh bagi atlet sepakbola? Pertama, antioksidan, menurut Asri Wedhasari sebagaimana dikutip dari jurnal Biotek Medisiana Indonesia, antioksidan dapat melawan radikal bebas yang terdapat dalam tubuh, yang didapat dari hasil metabolisme tubuh, polusi udara, cemaran makanan, sinar matahari, dan lain sebagainya. Meskipun terdapat manfaat yang cukup baik bagi kesehatan tubuh, namun bagi pesepakbola, zat antioksidan bukanlah hal yang terpenting. Hal tersebut didasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh Scott Powers (peneliti asal University of Florida),  sebagaimana dikutip dari S. J. Stear yang berjudul A-Z of Nutriotional Supplements, Sports Nutrition Foods and Ergogenic Aids for Health and Perfomnace Part 3 beliau memfokuskan pada penelitian tentang latihan dan antioksidan. Menurut penelitiannya, bagi atlet sepakbola dewasa yang mengkonsumsi suplemen antioksidan dengan sejumlah vitamin yang terkandung di dalamnya justru dapat memperlambat proses adaptasi otot terhadap latihan. Pada penelitiannya Scott Powers menekankan bahwa antioksidan tetap dibutuhkan bagi pemain sepakbola yang memiliki pola makan tidak teratur dan tidak makan buah-buahan  dan sayuran.

Lalu, bagaiman dengan fungsi kafein? menurut artikel yang dimuat dalam situs panditfootball.com, kafein bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan fisik seseorang. Selain itu menurut artikel yang dimuat di dalam situs fandom.id, efek kafein adalah membantu dalam merangsang asam lemak bebas dalam darah, sehingga otot dapat menggunakannya sebagai sumber bahan energi, sehingga kinerja yang lebih baik dapat dipertahankan oleh para atlet yang dituntut memiliki daya tahan sangat baik. Kafein juga memiliki sifat ketergantungan bagi yang mengkonsumsinya, hal ini memberikan akibat yang kurang baik, sebagaimana dikutip dari panditfootball.com, akibat tersebut adalah gejala seperti pusing, mual, sakit kepala, serta mudah marah. Sifat ketergantungan yang ditimbulkan dari kafein mengharuskan siapapun yang mengkonsumsinya untuk mengendalikan jumlah kafein. Serta manfaat lain seperti vitamin, mineral, dan karbohidrat tentunya dibutuhkan oleh atlet sepakbola untuk ketahanan tubuh mereka ketika melakukan latihan atau pertandingan di lapangan hijau.

Foto by: resultsfoodcoaching.com

 
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s