(Jika) memang benar Marko Simic pindah…

Bursa transfer Liga 1 2018 mulai menghadirkan drama-drama yang memang menarik untuk disimak. Pemain masuk dan keluar dari tim merupakan pemandangan yang lumrah dalam sepakbola, khususnya di bursa transfer ini. Drama yang muncul dalam bursa transfer Indonesia tidak kalah dengan drama bursa transfer di liga-liga luar, khususnya benua eropa yang akhir-akhir ini sedang “booming” soal transfer Cristiano Ronaldo yang dikabarkan akan hijrah ke Serie A. Bursa transfer di Liga 1 2018 pun bisa membuat “baper” bagi penikmatnya, khususnya bagi pendukung kesebelasan yang pemain kesayangannya akan diisukan pindah.

Dalam tulisan singkat kali ini akan membahas mengenai isu kepindahan striker Persija Jakarta, Marko Simic. Siapa yang tidak tahu Simic? di awal kedatangannya dirinya sangatlah mencuri perhatian. Sundulannya, tendangan, agresivitas, ketenangan, dan jangan lupa, dukungan dari teman-teman setimnya, membuat ia menjadi striker yang disegani di depan kotak penalti. Namun, di bursa transfer kali ini, melihat spekulasi dan beberapa kabar di media sosial, ia diisukan akan pindah. Sebelumnya, ia pernah mengunggah fotonya di akun Instagram pribadinya dengan pesan berisi, “Seberapa lama kita akan bersama… #Persija #Jakarta #Jakmania selalu spesial”. Demikianlah isinya, dengan “nada” pesan seperti itu yang tentu saja sedikit ambigu, yang pasti terjadi adalah, akun Instagram-nya dibanjiri lebih dari 11 ribu komentar. Namun pada akhirnya, isu kepindahan Marko Simic sedikit mereda.

Kini, kabar kepindahan Marko Simic kembali beredar di media. Kali ini, Simic diisukan akan pindah ke kesebelasan kasta kedua Liga Turki, Eskisehirspor. Media asal Turki, Sporun Dibi telah memberikatakan perihal kepindahan Simic pada tanggal 6 Juli 2018 lalu. Serta media turki lainnya, anadolugazetesi.com turut memberitakan kepindahan Simic. Serta beberapa media nasional ikut meramaikan berita kepindahan Marko Simic. Jika melihat postingan di akun Twitter Marko Simic dengan pesan “Miss GBK…#WeArePersija”, terlihat netizen asal Turki mulai meramaikan tab mention Simic.

Sedikit mundur ke belakang dan mengingat kembali, bagaimana kiprah Marko Simic sampai akhirnya bisa berlabuh di Persija Jakarta? Simic sendiri berasal dari Kroasia, lahir pada 23 januari 1988 di Pakrac. Sebelum membela tim Ibukota, Simic menghabiskan karirnya di benua eropa, yang ia mulai di NK Zagreb U19. Ia pernah membela kesebelasan asal Russia, FK Khimki, lalu klub asal Latvia, Daugava Daugavplis, serta kesebelasan asal negaranya, NK Lokomotiva, NK Inter Zapresic dan NK Sesvete. Negara Hungaria tidak luput dari petualangannya, ia pernah memperkuat kesebelasan Vasas SC dan Ferencvaris. 

Juga Polandia, di negara tersebut ia pernah memperkuat GKS Belchatow, lalu di Slovenia, ia memperkuat NS Mura. Negara asal pizza pun pernah ia sambangi, tepatnya ia memperkuat kesebelasan Serie C, Pordenone. Petualangan di Asia Tenggara ia mulai ketika pada tahun 2015 ia datang ke Vietnam dengan memperkuat Binh Duong, CLB bong da Dong Thap, dan Long An. Semakin dekat dengan Indonesia, ia terlebih dahulu ke Malaysia, dengan memperkuat Negeri Sembilan FA dan Melaka United. Pada akhirnya, ia sampai di Jakarta.

Hingga bulan Juli ini, sumbangsih Marko Simic bagi kesebelasan berjuluk Macan Kemayoran tidak bisa dipandang biasa. Pada awal tahun 2018, ia membantu Persija Jakarta merengkuh gelar turnamen Boost Sports Fix Cup 2018 yang berlangsung di Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia. Ia pun berandil besar dalam usaha Persija Jakarta merengkuh gelar Piala Presiden 2018. Simic dan kawan-kawan pun bisa membawa Persija Jakarta “bersuara” di ajang Piala AFC 2018 meskipun setelah fase grup Persija harus tersingkir. Lalu, bagaimana dengan di ajang Liga 1 2018? menurut situs resmi Liga 1 2018, Simic telah menjaringkan enam gol, sembilan kali pelanggaran, sebelas kali dilanggar lawan, menerima kartu kuning 1 kali, mencapai angka 99 kali sukses dribel, serta akurasi tembakan dan operan masing-masing 47% dan 75%.

Pepatah mengatakan, bahwa memang kita tidak boleh terlalu percaya dengan adanya kabar burung. Namun, adakalanya kabar burung atau spekulasi ini berubah menjadi kenyataan. Tidak jarang yang seperti demikian. Jika memang benar Simic pindah ke Turki, maka Turki akan menjadi negara eropa ke delapan yang didatangi oleh Simic. Jika memang benar Simic pindah ke Turki, lalu siapa yang akan menggantikan perannya di Persija Jakarta. Jika memang benar Simic pindah ke Turki, kepada siapakah nomor 9 akan diwariskan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam waktu dekat bisa terjawab, bisa pun tidak. Menarik ditunggu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s