Angola ke Indonesia

Maurito alias Norberto Mauro da Costa Mulenessa, nama tersebut pernah menjadi bagian di dalam sepak bola Indonesia. Maurito merupakan striker berkebangsaan Angola yang juga keturunan Portugal. Ia lahir di Luanda, Angola, pada 24 Juni 1981. Lalu kapan ia menghiasi pentas sepak bola Indonesia? Tepatnya, pada kurun waktu 2011, pada tahun tersebut kita diingatkan dengan adanya kompetisi Liga Primer Indonesia. Ya, kala itu dia bermain untuk tim Minangkabau F.C pada Liga Primer Indonesia 2011 lalu memperkuat PSAP Sigli pada tahun 2012.

Jika melihat rekam jejak karirnya, ia memang bukan pemain yang biasa dan dapat dikatakan memiliki karir yang cukup bagus. Sebagaimana dilansir dari national-football-teams.com dan transfermarkt.com, pada tahun 2001 ia memulai karir di negaranya, Santos FC Viana. Pada tahun 2002 hingga 2004 ia sempat hijrah ke Portugal dengan memperkuat Vasco da Gama dan União Leiria. Lalu setelah berkarir di Portugal, ia lanjutkan dengan berkarir di timur tengah dalam kurun waktu 2005 hingga 2010, klub asal Uni Emirat Arab yang pernah ia bela adalah Al Jazira dan Al Wahda, klub asal Qatar, Al Gharafa dan Umm-Salal, klub asal Kuwait, Al-Kuwait dan Al Samiya, dan klub asal Bahrain, Al Riffa SC. Sebelum akhirnya ia kembali ke Angola pada tahun 2010 dengan memperkuat Petro Luanda dan ke Indonesia pada tahun 2011. Maurito pun memiliki caps bersama Tim Nasional Angola, tercatat ia memiliki 21 caps dan telah mengemas 2 gol.

Setelah berkarir bersama Minangkabau F.C. dan PSAP Sigli, hingga saat ini ia masih aktif bermain sepak bola. Pada tahun 2013, ia memperkuat klub Angola, Recreativo Caála, di mana di klub tersebut ia bermain hingga awal 2017 ini. Pada awal 2017 lalu, ia dikontrak oleh klub asal Ecuador, Club Deportivo Santa Rita, kontraknya sendiri habis pada 31 Desember 2017 mendatang.

Referensi: national-football-teams.com, self.gutenberg.org, ogol.com.br, portalangop.co.ao, dan transfermarkt.com

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s