Sedikit tentang Ezechiel N’Douassel

Bukan Reinaldo Elias, Ilja Spasojevic, atau pun Erivelto Emiliano da Silva yang akan menjadi striker Persib Bandung. Melainkan striker asal Negara Chad, Ezechiel N’Douassel, yang bergabung dengan tim berjuluk Maung Bandung itu. Namanya mungkin masih cukup asing di dalam pentas sepak bola nasional. Ezechiel Aliadjim N’Douassel lahir di N’Djamena, Chad, pada 22 April 1988, atau saat ini berusia 29 tahun. Jika melihat usia dari Ezechiel, dapat dikatakan ia sedang dalam usia emas seorang atlit sepak bola.

Bagaimana dengan rekam jejak karirnya? Melansir dari national-football-teams.com, ia memulai karir di negara asalnya, dengan memperkuat klub Tourbillon N’Djaména pada kurun waktu 2006 hingga 2007. 2 musim bersama klub tersebut, ia bermain sebanyak 31 kali dan mencetak 5 gol. Lalu di tahun 2007/2008, ia membela klub Aljazair, MC Oran, bersama MC Oran, ia bermain sebanyak 4 kali dan tidak mencetak gol. Pada tahun 2008, ia pindah ke klub Aljazair lainnya, USM Blida. Setahun di klub tersebut, ia sempat berlabuh di klub Belgia, FCV Dender EH, pada tahun 2009. Namun, ia kembali lagi ke USM Blida di tahun yang sama. Total 2 musim bersama USM Blida, ia bermain sebanyak 29 kali dan mencetak 12 gol.

Setelah itu, ia mencoba peruntungannya di klub asal Tunisia, Club Africain Tunis pada musim 2010/2011 dan 2011/2012, total bersama klub tersebut ia bermain sebanyak 28 kali dan mencetak 11 gol. Ia pun kembali ke Eropa, khususnya Russia dengan memperkuat klub Akhmat Grozny di musim 2012/2013 dengan torehan bermain sebanyak 16 kali dan mencetak 4 gol. Ia sempat dipinjamkan ke klub asal Turki, Atiker Konyaspor pada tahun 2013. Nampaknya di klub tersebut ia kurang bersinar, bermain sebanyak 6 kali dan tidak mencetak gol. Ia kembali dipinjamkan ke klub yang pernah ia bela, Club African Tunis dan pada akhirnya ditransfer secara permanen oleh Club African Tunis pada tahun 2014. Setelah itu, pada tahun 2015, ia dipinjamkan ke klub Perancis dengan opsi pembelian, Paris FC. Lagi, ia dipinjamkan oleh Club African Tunis ke klub Aljazair, NA Hussein Dey. Pada akhirnya ia dilepas oleh Club Africian Tunis, dan bergabung bersama Club Sportif Sfaxien di Liga Tunisia. Bersama klub tersebut, ia bermain sebanyak 26 kali dan mencetak 9 gol. Setahun bersama Club Sportif Sfaxien, ia mencoba peruntungannya di Israel, dengan memperkuat klub Ironi Kiryat Shmona, ia menorehkan 11 kali penampilan dan mencetak 3 gol. Terakhir, ia bermain bersama Hapoel Tel Aviv di Liga Leumit, Israel.

Bagaimana dengan karir di Tim Nasional Chad? Menurut catatan resmi FIFA, total ia bermain sebanyak 35 caps dan mencetak 10 gol yang di antaranya, 30 caps merupakan kategori fifa matches dan 5 kali non fifa match. Serta, 6 gol fifa matches dan 4 gol non fifa matches. Ia pun sempat terlibat dalam kualifikasi Piala Dunia 2018 Russia. Menurut Entire Performance Data dari situs transfermarkt, total ia sudah bermain sebanyak 120 kali dan mencetak 38 gol dan 11 assist. Catatan terbanyak ia torehkan selama berada di Ligue 1 Pro Tunisia dengan bermain sebanyak 65 kali dan mencetak 23 gol.

Jika melihat pada torehan tersebut, Ezechiel (mungkin) akan sulit menjadi bagian di dalam kategori striker tajam pada umumnya. Namun, sisi positifnya ialah, rekam jejak karirnya, berbagai atmosfer liga di Afrika dan Eropa telah ia rasakan termasuk pertandingan internasional bersama Tim Nasional Chad. Hal tersebut menjadi nilai plus yang ia bawa untuk bersaing di Gojek Traveloka Liga 1 2017. Sulit untuk “menerawang” secara pasti bagaimana penampilan Ezechiel nantinya, namun yang menjadi kewajiban adalah  Ezechiel perlu dukungan dari lini belakang dan tengah Persib Bandung. Hal tersebut dikarenakan jika melihat secara sepintas penampilannya di situs YouTube, gol yang ia hasilkan merupakan hasil kerja sama dari lini belakang. Satu hal yang harus Ezechiel pahami, Persib Bandung dikenal tidak kompromi terhadap striker asing mereka, nama-nama sekelas Juan Belencoso hingga Carlton Cole pun dinilai gagal menjadi tumpuan lini depan Persib Bandung.

Referensi: national-football-teams.com, transfermarkt.com, footballdatabase.eu, africatopsports.com, fifa.com, allafrica.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s