Gbeneme Friday: Klub Indonesia dan India.

Ada yang masih ingat dengan Gbeneme Friday? Ia merupakan striker asal Lagos, Nigeria, kelahiran 28 Januari 1985 yang pernah bermain untuk beberapa kesebelasan di Indonesia. Pada tahun 2003, ia datang ke Indonesia untuk memperkuat Perseden Denpasar, lalu di tahun 2005, ia memperkuat  Semen Padang dengan beberapa pemain asing lainnya, seperti, Ebi Sukore, Stephen Mennoch, dan Pedro Javier Velasquez. Bersama Semen Padang, Friday bermain selama 3 musim, yaitu Ligina 2005, Ligina 2006, dan terakhir musim Ligina 2007-2008. Setelah memperkuat Semen Padang, ia tetap mencoba peruntungannya di sepak bola Indonesia. Ia pernah bermain bersama PSDS Deli Serdang dalam kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia 2009/2010. Lalu, setelah bermain bersama PSDS Deli Serdang, ia memperkuat kesebelasan asal Sumatera lainnya, Persih Tembilihan yang bermain dalam kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia tahun 2011.

Setelah bermain di Indonesia, ia pergi ke India, ia dikontrak oleh Mumbai FC pada tahun 2012. Kebersamaan Friday bersama Mumbai FC tidak berlangsung lama, selanjutnya pada tahun 2013 ia kembali dikontrak oleh kesebelasan asal India, Shillong Lajong FC. Menurut catatan dari soccerway, bersama Shillong Lajong FC, Friday bermain sebanyak 19 kali dan mencetak 4 gol.

Pada tahun 2014, ia kembali ke Indonesia, kala itu tim Divisi Utama, Villa 2000 mengontrak Friday untuk mengarungi kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia tahun 2014. Masuknya Gbeneme Friday adalah untuk menggantikan striker sebelumnya, Jorge Alberto Paredes Bareiro. Bersama Villa 2000 yang pada tahun tersebut dilatih oleh Ricky Nelson, Friday kembali bertemu dengan bek yang telah memiliki nama, Antonio “toyo” Claudio.

Referensi: goal.com, suaramerdeka.com, soccerway, footballdatabase.eu, facebook seputar Semen Padang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s