Setelah Roger Milla, Maboang Kessack, lalu ada Pierre Njanka

Roger Milla, Maboang Kessack, dan Jules Onana merupakan eks pemain Tim Nasional Kamerun dalam Piala Dunia edisi 1990 dan 1994. Ketiganya pernah berkarir di Indonesia pada era 90an. Setelah itu muncul nama Pierre Njanka Beyaka yang merupakan alumni Piala Dunia 1998 di Perancis, Piala Dunia 2002 di Korea & Jepang, dan Piala Afrika 2004 di Mali. Namun, Njanka datang ke Indonesia pada tahun 2000an. Tahun 2008, Pierre Njanka datang ke Indonesia untuk memperkuat klub Ibu Kota, Persija Jakarta. Setahun di Jakarta, ia pindah ke Malang, untuk memperkuat Arema di era ISL 2009/2010 di mana ia turut berhasil mempersembahkan gelar juara. Usai membela Arema, ia pindah ke tim IPL, yaitu Atjeh United. Lalu, ia menghabiskan karirnya di Indonesia dengan memperkuat klub asal Kalimantan, Mitra Kukar dan Persisam Samarinda.

Pierre Djaka Njanka Beyaka, nama lengkapnya, ia lahir di Douala, Kamerun pada 15 Maret 1975. Pada tahun 1998, umurnya masih 23 tahun, dan saat itu ia membela klub asal Kamerun, Olympique Myolvé. Debutnya berbuah manis, ia langsung mencetak gol ke gawang Austria pada hari Kamis, 11 Juni 1998. Pada edisi ini, ia selalu bermain, ketika melawan Austria, Itali, dan Chile. Namun, ia gagal membawa Kamerun lolos dari fase grup. Kiprahnya di PD 1998 tersebut membawanya ke Swiss, ia dikontrak oleh Neuchatêl Xamax. Lalu, dalam edisi Piala Dunia 2002, ia kembali dipanggil. Saat itu Kamerun tergabung di grup E bersama, Jerman, Saudi Arabia, dan Republik Irlandia. Pada edisi kali ini, ia hanya bermain satu kali ketika Kamerun menang atas Saudi Arabia dengan skor 1-0. Pada saat itu, ia sedang memperkuat club Ligue 1 Perancis, RC Strasbourg Alsace.

Tahun 2004, ia kembali diikutsertakan dalam ajang bergengsi lainnya, Piala Afrika 2004. Saat itu, Kamerun tergabung di Grup C bersama, Algeria, Mesir, dan Zimbabwe. Kamerun sukses menjadi jawara grup C, namun dalam fase Quarters-final, timnya dikalahkan Nigeria dengan skor 2-1. Saat itu, ia masih bermain di Perancis dengan memperkuat CS Sedan-Ardennes.

Selain membela beberapa klub di atas, ia pernah bermain untuk Istres Football Club (Perancis), Club Africain Tunis (Tunisia), dan Al-Wahda Mekka (Saudi Arabia).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s