Richard Knopper

Pada tahun 2011, PSM Makassar yang kala itu bermain di Liga Primer Indonesia tahun 2011 kedatangan pemain asal Belanda, Richard Knopper. Pemain yang lahir di Rijswijk, Belanda, 29 Agustus 1977, ini merupakan seorang attacking midfielder. Dapat dikatakan, Richard Knopper merupakan marquee player pada era LPI 2011, bersama Lee Hendrie yang bermain untuk Bandung FC. Richard Knopper menghabiskan karirnya di Belanda.

Tercatat, ia memulai karir di tim Feyenoord U-19 dan pencapaian karirnya ia dengan menembus skuad dari salah satu raksasa Liga Belanda, Ajax Amsterdam pada tahun 2002. Sama dengan cerita karir Christian Bekamenga sebelumnya, Richard Knopper nampaknya sering dipinjamkan oleh Ajax Amsterdam. Pertama, ia dipinjamkan kepada kontestan Liga Yunani, Aris Saloniki. Kedua, ia kembali lagi ke Belanda, dan dipinjamkan ke SC Heerenveen. Pada akhirnya, ia dilepas oleh Ajax Amsterdam dan membela Vitesse Arnhem dengan status bebas transfer. Selepas membela Vitesse, ia ditransfer oleh ADO Den Haag dan bermain cukup lama di club tersebut. Pada tahun 2010, statusnya menjadi free transfer, dan barulah pada awal LPI 2011, ia ke Indonesia untuk membela PSM Makassar. Namun sayang, sepertinya LPI tidak berjalan sesuai dengan harapan, yang akhirnya terpaksa bubar. Sebelum pensiun, ia kembali ke Belanda untuk memperkuat VV Haaglandia Zondag.

Saat ini, Richard Knopper memutuskan untuk menjadi pelatih. Ia menjadi staff pelatih di tim junior beberapa club, seperti ADO Den Haag, Belanda U-16, maupun tim junior Ajax Amsterdam. Richard Knopper sendiri memiliki lisensi kepelatihan UEFA B License.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s