Pavel Solomin

Striker asal Uzbekistan ini pernah meramaikan kompetisi Indonesia Super League. Pavel Solomin, lahir di Tashkent, Uzbekistan (dulu Uni Soviet), pada 15 Juni 1982, ini pertama kali datang ke Indonesia untuk memperkuat Sriwijaya F.C. yang saat itu dilatih oleh Coach Rahmad Darmawan. Solomin sendiri datang ke Sriwijaya F.C., tepatnya pada putaran kedua guna menambah daya dobrak di lini depan Sriwijaya F.C. yang saat itu sudah diisi juga oleh Keith Kayamba Gumbs dan Anoure Obiora dan telah ditinggalkan oleh Ngon A Djam yang memilih hengkang. Pada saat itu, dengan hadirnya Pavel Solomin diharapkan dapat memperbaiki posisi klasemen sementara Sriwijaya F.C. yang diakhir paruh musim berada di peringkat ke empat. Pada saat membela Sriwijaya F.C., ia berhasil mencetak 5 gol dari 12 pertandingan yang sudah ia jalani.

Pada musim ISL selanjutnya, dapat dikatakan ia menjadi buruan utama beberapa tim untuk mengarungi ISL 2010/2011. Pada saat itu setidaknya ada 4 tim yang mengincarnya, yaitu, Arema, Persija Jakarta (dilatih oleh Coach Rahmad Darmawan), Persela Lamongan, dan Persisam Putra Samarinda. Namun, Persisam Putra Samarinda lah yang berhasil mendaratkan Pavel Solomin.

Jika melihat rekam jejak karirnya, ia terhitung cukup subur di tahun 2006, tetaptnya ketika Pavel Solomin membela Traktor Tashkent, pada tahun tersebut ia bermain sebanyak 30 kali dan mencetak 21 gol. Setelah membela club tersebut, ia pindah ke Russia untuk membela Saturn Ramenskoye sebuah club yang berbasis di Kota Moscow dan biasa disebut juga FC Saturn Moscow Region.

Pada level tim nasional, Pavel Solomin terhitung aktif di Tim Nasional Uzbekistan pada tahun 2006-2008. Menurut Uzbekistan Record International Players, Pavel Solomin telah mengoleksi 15 caps dan mencetak 2 gol.

Saat ini, ia masih aktif sebagai pemain, dan memperkuat club FK Obod Tashkent (1st Division Liga Uzbekistan), ia telah bermain sebanyak 10 kali dari total 15 pertandingan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s