Christian Bekamenga

Nama Christian Bekamenga Bekamengo Aymard mungkin sudah tidak asing lagi di telinga penikmat sepak bola Indonesia secara umum, dan pendukung Persib Bandung secara khusus. Hal yang membuat menarik ialah, kala itu ia merupakan anggota Tim Nasional U-23 Kamerun dan sedang membela club Liga Super Malaysia, Negeri Sembilan FA. Pada saat memasuki musim Liga Indonesia 2007, Bekamenga dikontrak oleh manajemen Persib Bandung, yang saat itu sedang ditangani oleh Arcan Lurie. Status Bekamenga di Tim Nasional U-23 Kamerun sendiri merupakan seorang kapten dan usianya pada saat itu sangatlah muda, 21 tahun. Bersama Persib Bandung, ia berhasil mencatatkan 17 gol, namun sayang, Bekamenga disibukkan oleh jadwal tim nasional kala itu sehingga bisa dikatakan cukup sering meninggalkan tim berjuluk Maung Bandung itu.

Selepas dari Persib, ia ke Perancis tepatnya membela FC Nantes, yang ia bela kurang lebih selama 2 tahun. Lalu ia dipinjamkan ke club Yunani yang berlaga di divisi teratas, yaitu, Skoda Xhanti pada tahun 2010 dalam status pinjaman dari FC Nantes. Setelah kembali dan dilepas oleh FC Nantes, ia menghabiskan karirnya di Perancis. Ia sempat membela US Orléans dan Carquefou, dalam kurun waktu 2012-2013. Setelah membela kedua club tersebut, ia membela Stade Laval. Di tahun 2015, total ia membela 3 club Perancis, yaitu, Stade Laval, ES Troyes AC, dan RC Lens. Kala itu, Bekamenga merupakan pemain pinjaman dari Laval untuk membela Troyes, dan pada akhirnya dibeli secara permanen oleh Troyes, lalu dipinjamkan lagi ke RC Lens di tahun 2015. Pada awal tahun 2016, ia kembali dipinjamkan ke FC Metz hingga Juni 2016. Pada akhirnya, ia dibeli oleh club asal divisi Liga Turki, Balikesirspor.

Pada tahun 2017 ini, ia “comeback” ke Asia, tepatnya membela Liaoning Whowin FC yang bermarkas di Shenyang, China. Liaoning FC sendiri saat ini berlaga di Chinese Super League, dan berada di peringkat ke 15 dari 16 kontestan Chinese Super League. Kedatangan Bekamenga sendiri diharapkan dapat mendobrak produktivitas gol Liaoning FC, di mana dari 18 kali main sudah memasukan 20 dan kemasukan 43.

Apakah Christian Bekamenga akan kembali ke Asia Tenggara, khususnya Indonesia? Menarik ditunggu..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s